PROSEDUR PENGAJUAN TES METER

Salah satu penyebab terjadinya tingkat kebocoran yang tinggi adalah meter air yang tidak normal dan kebanyakan yang berusia diatas 5 tahun. Dengan melihat fenomena tersebut, maka PDAM Kota Parepare secara rutin melakukan Test Meter Air pelanggan, baik yang diminta oleh pelanggan maupun karena faktor usia meter itu sendiri. Meter air tersebut diperiksa dan ditest di Work Shop Test Bench yang dimiliki PDAM Kota Parepare. Dengan menggunakan alat ini, dapat diketahui apakah meter air pelanggan normal atau tidak.

Dan bagi pelanggan yang meter airnya telah terpasang di atas 5 (lima) tahun atau angka meter menunjukkan 2.000 m³, maka dilakukan tes untuk mengetahui tingkat akurasinya, apabila tidak normal, maka meter air pelanggan diganti dengan meter air standart tanpa memungut biaya dari pelanggan, sedangkan meter yang tidak normal akan diperbaiki sampai normal.

Bagi pelanggan yang meragukan akurasi meter airnya, maka pelanggan tersebut dapat mengajukan keberatan dengan mengadu di Sub Bidang Layanan dan Aduan. Setelah administrasi yang dibutuhkan selesai, maka petugas PDAM melakukan test meter dengan menggunakan alat test bench yang berada di kantor PDAM dan disaksikan langsung oleh pelanggan.

BAGAN PROSEDUR PENGAJUAN TES METER